Visi, Misi dan Tujuan
1. Visi
Madrasah sebagai unit penyelenggara pendidikan harus memerhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Misalnya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, arus globalisasi dan informasi, serta perubahan kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan sehingga memacu Madrasah untuk merespons tantangan dan peluang.
Adapun Visi MTsS Ulumuddin adalah:
”Terciptanya insan sekolah yang Qur’ani yang beraqidah berakhlak mulia, kreatif dan berprestasi, disiplin,beriman dan bertaqwa”
2. Misi
Untuk mewujudkan visi Madrasah tersebut, diperlukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Misi madrasah yang disusun berdasarkan visi di atas, antara lain sebagai berikut:
- Mendidik siswa menjadi anak yang saleh, taat beribadah dan berakhlak mulia sesuai dengan tututan ajaran Agama Islam
- Meningkatkan Kegiatan belajar mengajar dan bimbingan secara Optimal
- Menciptakan Kerjasama yang baik harmonis antar siswa, guru, wali murid dan masyarakat
- mewujudkan peserta didik yang berakhlak Qur’ani serta memiliki kemampuan dalam pengembangan iptek dan imtaq
- mewujudkan peserta didik yang dapat menumbuhkan ide dan gagasan baru yang dapat berorientasi masa depan, serta tangguh terhadap kepentingan dan kebutuhan masyarakat.
- Mewujudkan peserta didik yang memiliki kemampuan dan tanggung jawab terhadap dirinya, keluarga dan masyarakat serta bangsa dan negara sebagai wujud cinda dan tanggung jawabnya terhadap Allah SWT.
3. Tujuan
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar aqidah, kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, Serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Merujuk pada pendidikan dasar tersebut, maka tujuan pendidikan MTsS Ulumuddin adalah sebagai berikut :
- Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan Agama dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan kesekolah yang lebih tinggi.
- Menciptakan generasi yang Qur’ani cerdas dan terampil, berilmu yang dilandasi iman dan taqwa kepada Allah SWT.
- Terlaksananya Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) masing-masing komponen madrasah (kepala madrasah, guru, karyawan, dan siswa).
- Melaksanakan standar proses pembelajaran, antara lain;
- melaksanakan pembelajaran dengan strategi ;
- melaksanakan pendekatan belajar tuntas;
- melaksanakan pembelajaran inovatif.
- Terlaksananya tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional sekolah.
- Unggul dalam perolehan Nilai baik ujian kelembagaan dan Ujian Nasional.
- Meraih prestasi di bidang lomba baik tingkat daerah, provinsi dan nasional.
- Menjadikan 85% siswa memiliki kesadaran terhadap kelestarian lingkungan hidup di sekitarnya.
Memiliki jiwa cinta terhadap lembaga yang diinternalisasikan lewat kegiatan ekstra kurikuler dan keasramaan.